image

Jumat, 16 Maret 2012

Bolu gulung

Bolu Gulung belum dipotong

Ingredients:

8 kuning telur
3 putih telur
100 gram gula pasir
70 gram tepung terigu protein sedang
10 gram susu bubuk
75 gram margarin lelehkan (aku pakai minyak sayur)
100 gram selai apa saja (aku tambahin dried fruit)
1/2 sdt garam (tambahanku aja biar gurih)

Cara Membuat ES CREAM

  1. Kocok telur dan gula sampai mengembang. Tambahkan garam. Aduk terus sampai kental.
  2. Masukkan terigu dan susu bubuk sambil diayak ke dalam kocokan telur. Aduk dengan spatula. Pakai teknik aduk balik ya.
  3. Masukkan minyak atau margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  4. Tuang di loyang 30x25x3 yang sudah dialas kertas roti dan dioles margarin
  5. Panggang dengan suhu 190C selama 20 menit, atau sampai matang. Perhatikan permukaan bolu gulung harus kering agar kulit tidak lengket. Tapi juga jangan terlalu kering agar tidak patah sewaktu digulung.
  6. Setelah matang keluarkan dari oven. Tunggu sebentar supaya kuenya tidak terlalu panas. Setelah itu keluarkan dan oles dengan selai, taburi dried fruit kalau suka. Ohya ngolesin selainya jangan terlalu tebal, nanti keluar selainya dari gulungan.
  7. Gulung dengan serbet, atau bisa juga dengan kertas roti. Tapi aku sendiri sampai sekarang gak pernah sukses gulung bolu dengan kertas roti, pasti lengket … hehehe.

 

 ES CREAM buatan sendiri

BAHAN ES CREAM

300 ml susu cair full cream
1/2 sdt esens vanili (aku pakai vanila extract)
30 gram coklat bubuk
6 kuning telur
175 gram gula pasir
600 ml krim kental (aku pakai whipped cream cair)
250 gram dark cooking chocolate, cincang kasar

Cara Membuat:

Jerang susu cair dan esense vanili dalam panci dengan api kecil. Ambil sekitar 50 ml susu untuk dicampur dengan coklat bubuk, aduk sampai coklat bubuknya larut, lalu tuangkan ke dalam panci susu. Masak sambil diaduk hingga mendidi perlahan, angkat.
Kocok kuning telur bersama gula pasir dengan mikser kecepatan sedang selama 3 menit (tergantung mikser masing-masing ya) sampai mengental dan berwarna pucat.

Tuang larutan susu-coklat ke dalam kocokan kuning telur yang telah mengental, adu dengan spatula/whisk hingga rata. masukkan kembali campuran ini kedalam panci bekas merebus susu, jerang di atas api kecil selama 3-4 menit hingga adonan mengental (jangan sampai mendidih)
Masak krim kental di panci dengan api kecil. Ketika sudah timbul gelembung-gelembung kecil, masukkan dcc cincang. Angkat pancinya lalu aduk hingga seluruh coklat meleleh dan adonan terlihat licin.
Masukkan adonan susu-telur ke dalam adonan krim-coklat, aduk rata. Biarkan hingga dingin.
Selesai fase ini, aku langsung memasukkan adonan ke ice cream maker dan diaduk-aduk sampai 1 jam sebelum akhirnya menjadi es krim. Untuk yang belum punya ice cream maker, maka masukkan adonan dalam freezer kira-kira sampai 3 jam, keluarkan lalu kocok dengan mixer sampai lembut selama 5 menit. Ulangi proses ini sampai 3-4 kali hingga diperoleh adonan yang lembut.
Hasil dari resep ini adalah es krim coklat yang lembuuut banget!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar