image

Sabtu, 22 Desember 2012

BOLU GULUNG KLASIK dan EKONOMIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
3 butir telur
50 gr gula pasir
30 gr tepung terigu
5 gr tepung maizena
5 gr susu bubuk
1 sdt SP (emulsifier)
40 gr margarin/mentega cair

 Cara Membuat:
1. Masukkan semua bahan ke dalam mangkok besar kecuali margarin/mentega cair, kocok dengan mixer hingga adonan putih kental (soft peak). Bolu ini menggunakan sistem kocok bersama, sehingga diharapkan menghasilkan pori2 cake yang lebih halus dan lembut meskipun hanya sedikit memakai telur.
2. Masukkan margarin/mentega cair, aduk adonan perlahan hingga tercampur rata.
3. Tuangkan adonan ke dalam loyang kotak ukuran 26x26x3cm atau 24x24x3cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti, dan kertas rotinya olesi juga dengan margarin.
4. Panggang di dalam oven dengan panas 180'C, selama kurang lebih 15 menit.
Jika menggunakan oven listrik: 10 menit pertama gunakan api bawah. Setelah 10 menit pertama cake akan matang, kemudian matikan api bawah...lanjutkan menyalakan api atas selama 5 menit untuk membuat lapisan atas bolu gulung berwarna kecoklatan. Jika sudah matang segera keluarkan dari oven.
5. Dinginkan, balikkan bolu gulung diatas kertas roti sehingga bagian atas yang berwarna kecoklatan berada dibawah. Olesi dengan selai strawberry secara tipis dan rata. Kemudian gulung perlahan dan padatkan, simpan dulu di dalam kulkas kurang lebih 1/2 jam. Potong2 sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar