image

Sabtu, 02 Juni 2012

 Roti abon
Bahan:
750 gram Terigu Cakra Kembar
250 gram Terigu Segitiga Biru
35 gram Ragi instan
4 gram Bread improver
250 gram Gula pasir
30 gram Susu bubuk Indomilk
125 gram Susu cair Indomilk
5 butir Kuning telur
380 gram Air es
20 gram Garam
100 gram Mentega/margarine
Bahan olesan (dicampur jadi satu):
2 butir Telur
1 sdm Air
½ sdt Garam
Bahan isi:
20 gram Abon Sapi
10 gram Mayonaise
 
Cara Membuat :
  1. Taruh tepung terigu pritein tinggi, tepung terigu serbaguna , ragi, bread improver,gula, susu bubuk dalam mangkuk mixer. Tambahkan susu cair, kuning telur, aduk dengan kecepatan 1 hingga tercampur rata (±2 menit). Matikan mixer, masukkan air, garam dan mentega/margarine, nyalakan kembali mixer dengan kecepatan 2. Aduk adonan hingga kalis (± 20 menit).
  2. Keluarkan adonan dari mangkuk mixer, bulatkan, lalu istirahatkan hingga adonan mengembang (± 5 menit).
  3. Kempiskan adonan untuk membuang sisa gas, potong dan timbang adonan seberat 50 gr lalu bentuk bulat. Taruh adonan secara berurut. Istirahatkan kembali adonan selama 10 menit.
  4. Panaskan oven pada suhu 180oC. Ambil adonan sesuai urutan, lalu bentuk tiaptiap adonan menjadi lonjong. Masukkan adonan ke dalam lemari pengembang hingga mengembang (±40 menit).
  5. Setelah mengembang, olesi dengan campuran telur, air dan garam lalu masukkan ke dalam oven, panggang hingga roti matang selama 10 menit. Keluarkan dari oven, biarkan agak dingin.
  6. Iris roti memanjang (jangan sampai putus), lalu olesi bagian dalam roti dengan sedikit mayonnaise, lalu isi dengan 1 sdt abon ke dalamnya. Olesi bagian luar dengan mayonnaise dan gulingkan roti diatas abon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar