image

Sabtu, 21 Mei 2011

croissant:

1 kg trigu cakra.
25 g instant yeast.
10 g improver (optional).
15 g garam.
70 g gula pasir.
60 g susu bubuk.
80 g mentega.
550 cc air.

500 g roll in fat (butter a/ margarine); butter a/ margarine nya di pipihkan dhl dlm plastick wrap (plastik biasa jg blh) bentuk persegi (maaf ga ada fotonya)

cara membuat:
1. uleni adonan croissant jangan samaip kalis, karena nanti di roll, kalo sampai over work, nanti croissant nya uda gak crispy lagi.

2.roll in fat nya di bungkus dengan adonan, jangan sampai ada fat nya keluar dari adonan, kalo fat nya lunak, sebaiknya masuk kulkas sebentar, berapa lamanya gak bisa di tentukan karena tiap kulkas dinginnya beda, yg penting, tekan saja adonan nya, kalo berasa roll in fat nya uda cukup kekar, sudah bisa di roll.u

3.selalu yg menjadi ujung atas dan bawah adonannya, adalah yg ada lipetan tiganya.

4.utk men-dapat-kan hasil yg bagus, cukup max 3x lipat tiga, kalo banyak2, nti roll in fat-nya bisa bocor, juga tiap layer adonan ketipisanda n jadi menyatu, juga nanti hasil akhirnya, seperti roti gak crispy.

5. finishing roll-nya kira2 setebal 1/2 cm.

6. pas nge-roll sisi lebar ke kecil, selalu sisi yg kecil letaknya bagian bawah, taruhnya gencet di loyang, jadi nanti pas ngembang dan bake gak terbuka.
final proofing, kira2 40-50 menit, tergantung suhu ruang, yg pasti, kita musti lihat layer2 dari samping adonan yg sudah di bentuk, kalo sudah ngembang maximal, layer2nya terlihat jelas dan kalo kita pegang lebih ringan, juga kita tekan sedikit di samping, adonan ada bekasnya.
uda ngembang bagus, oles sama susu evaporated carnation (F&N/Marigold) atau telor kocok campur air dikit.
panggang dengan suhu 200C dl, croissant sudah mengembang, turunkan suhu 180C, selama kira2 15 menit, tergantung dari oven-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar