image

Kamis, 21 April 2011

Resep Donat

Bahan :
400 gr terigu cakra
100 gr terigu segitiga
45 gr kuning telur (aku pakai 3 kuning telur)
6 gr ragi instan
5 gr garam
1\2 sdt baking powder
60 gr gula pasir (manisnya sudah passsss banget dengan topping DCC, jadi ga kemanisan)
200 ml air (aku 220 ml - mungkin terigunya lagi kurang lembab jadi perlu air banyakan)
70 ml susu cair
60 gr mentega


Cara Membuat :

1. Campur semua bahan kering, masukkan kuning telur, susu cair dan air, aduk sampai kalis)
(aku - tambahkan air sedikit-sedikit supaya ga kebanyakan air, kalau kurang bisa ditambahkan airnya sedikit.. kalau kebanyakan pasti salah baca deh...hehehhe)
2. Tambahkan mentega, aduk sampai elastis
3. Bulatkan dan istirahatkan 10 menit
4. Roll adonan hingga ketebalan 15 mm lalu cetak dgn cetakan donat. Susun di loyang dan biarkan mengembang 30-40 menit.
(aku - ga bisa bikin donat cantik dengan diroll jadi selalu potong timbang - kemarin seberat 30 gr-, bulatkan, diamkan 30 menit)
5. Goreng kurang lebih 2 menit sampai matang
(aku - tusuk tengah-tengah bulatan adonan dengan sumpit lalu buat lobang dengan sumpit satu lagi dan goreng... tips membuat bolongan donat ada di postingan kemarin ya... silahkan mampir.. jangan lupa goreng donat jangan dibulak balik supaya ada garis putih ditepi...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar